Mengatasi Windows XP Black Screen / save mode terus, kemudian Restart…!!

Gejalanya adalah: Saat komputer dinyalakan, sebelum masuk windows, layar menampilkan layar hitam dengan tulisan putih berisi pilihan sebagaimana gambar berikut:

..dan apapun pilihan anda komputer tidak akan bisa masuk windows, tetapi yang terjadi berikutnya adalah komputer akan restart lagi dan lagi dan lagi.


Hmm.. Masalahnya kejadian ini bisa disebabkan banyak hal dan berikut ini adalah beberapa kemungkinan PENYEBAB dan SOLUSINYA.

Langkah-langkah Penyelesaian masalahnya:

  1. Coba pilih Safe Mode dari pilihan diatas. Kalau ternyata bisa masuk windows berarti masalahnya “kemungkinan” adalah di program anda yang jalan bersamaan start up windows atau driver windows anda. Kalau anda ingat masalah itu terjadi setelah anda menginstal suatu program atau driver coba anda remove program tersebut atau driver tersebut. Kalau tidak ingat coba anda hapus semua startup windows anda dengan cara: klik start-run-isikan msconfig- terus tekan ok-pilih pada menu yang atas start up, dan klik disable all. Restart komputer anda dan kalau menu masih muncul coba pilih Boot Normally.
  2. Kalau dengan memilih Safe Mode ternyata komputer restart dan tetap tidak mau masuk windows, kemungkinannya adalah sbb:

  •  Harddisk anda ada error file/ bad sector. Solusi: tancapkan harddisk anda pada komputer lain yang dalam kondisi windowsnya normal, kalau saat mau masuk windows komputer tersebut meminta scandisk biarkan scandisk berjalan sampai selesai.
  • Kalau ternyata tidak minta scandisk otomatis maka saat sudah masuk windows lakukan scandisk manual. Caranya: start-run, isikan: cmd terus ok. pada menu dos tersebut ketikkan chkdsk /f x: terus enter, dimana x adalah posisi partisi dari system windows xp yang error. Misalkan harddisk anda yang windowsnya eror pas dilihat di windows explorer, drive systemnya (yang ada folder windowsnya) adalah di g maka perintah yang diketikkan adalah chkdsk /f g: setelah perintah itu di enter, maka komputer akan melakukan pengecekan pada partisi yang “mungkin” eror tersebut dimana /f artinya komputer akan melakukan autofix kalau ada masalah pada drive tersebut.
  • Kalau ternyata komputer tidak mau mengecek dengan alasan drive tersebut masih terpakai maka komputer akan menyarankan anda untuk melakukan pengecekan setelah komputer anda restart, maka kalau ini terjadi pilih y atau yes kemudian restart windows anda. Setelah itu sebelum masuk windows komputer otomatis akan mengecek lebih dahulu drive yang anda maksudkan tadi. Biarkan scandisk itu sampai selesai dan perhatikan dibagian akhir akan ada resume dari hasil pengecekan. Setelah itu shutdown komputer anda dan cabut harddisk yang bermasalah tersebut dan tancapkan kembali ke komputer awal, dan coba dinyalakan secara normal.
  • Kalau ternyata setelah pengecekan scandisk ternyata pada laporannya terdapat bad sector meskipun cuma 1KB paribasannya sebaiknya anda mengganti harddisk anda (dengan beli baru) dan sesegera mungkin membackup data2 anda, karena meskipun misalnya harddisk bad sector tersebut masih mau masuk windows dan lancar2 saja, dikemudian hari tetap akan menimbulkan banyak masalah. Kalau tidak ada bad sector cuma eror file maka harddisk anda masih layak untuk dipakai.
  • Kemungkinan lainnya karena prosesor anda over heating. Solusi: Anda perlu mengecek di bios anda berapa temperatur CPU anda. Caranya adalah sesaat setelah komputer nyala, anda masuk bios.
  • Cara masuk bios bermacam2 bergantung merk boardnya, umumnya tekan del saat komputer baru nyala, kalau laptop umumnya tekan f2, kalau komputer build up compaq biasanya tekan f10, tapi ada juga yang tekan f1, anda lihat aja pas boot biasanya ada tulisan press “xx” to enter setup maka yang harus ditekan adalah tombol xx tersebut.
  • Setelah masuk bios carilah dalam menu2 tersebut yang berhubungan sama power dan carilah yang ada CPU temperature : yy derajat C. Kalau disitu tertera diatas 70 derajat celcius, misalnya 85 derajat celcius maka kemungkinannya adalah disebabkan prosesor anda overheating atawa kepanasan. Disini sebaiknya CPU berada pada temperature dibawah 60 derajat celcius. Kalau cpu anda overheating coba anda buka pendingin prosesor komputer anda mungkin ada kakinya yang patah atau pasta penghubung prosesor dengan heatsink dah gk bekerja dengan baik (jgn lupa dimatikan dulu sebelum bongkar2 biar gk kesetrum rek).
  • Kalau ada kaki yang patah sebaiknya anda ganti pendinginnya, kalau cuma pastanya kering dan tidak bekerja dengan baik, beli pastanya bersihkan sisa2 pasta lama di prosesor dan di heatsing, kasih pasta secukupnya di prosesor dan pasang kembali pendinginnya, atau kalu kisi2 pendinginnya dah kotor buanget dengan debu coba di bersihkan dengan sikat atau di blower (copot dulu kipasnya jadi gampang bersihin heatsinknya).
  • Memory rusak atau tidak kompatible atau tidak selaras. Masalah memori bisa disebabkan banyak hal, beberapa diantaranya karena memori itu rusak, atau memori itu tidak kompatible (tidak cocok) untuk motherboard anda, atau karena anda memasang dua atau lebih memori dan dari keduanya tidak cocok satu dengan yang lain. Hal2 itu dapat menyebabkan black screen tersebut. Langkah2 nya adalah sebagi berikut: Kalau pada komputer anda tertancap dua buah memori atau lebih, cabut semuanya kemudian tancapkan satu saja, kemudian nyalakan komputer anda, kalau ternyata bisa masuk windows, berarti memori yang sedang tidak tertancap ada masalah (bisa rusak atau tidak kompatible dengan board dan atau tidak kompatible dengan memori yng sedang tertancap). Kalau masih tetap tidak mau masuk windows maka coba menancapkan memori satunya lagi.
  • Kalau memory anda cuma satu coba pindahkan dulu ke slot yang lain, karena bisa jadi slot memori nya yang bermasalah. Kalau ternyata dikedua atau tiga slot board anda tetap windowsnya gk normal, coba pinjem temen memory dengan merk lain. Kalau sebelumnya memory satu2nya yang nancap itu normal, kok tiba2 terjadi masalah black screen alternatifnya adalah coba anda pindah slot atau anda bersihkan kaki memorinya (yang bagian bawan berwarna keemasan) dengan menggunakan penghapus atau karet gelang yang anda gulung di pangkal pensil dan anda gosok kaki memori tersebut biar bersih (hanya kaki2nya jangan ic nya lho ya), setelah itu coba anda tancapkan lagi. Gambare kaya gini bersihin ram dengan penghapus:

  • Kemungkinan berikutnya adalah windowsnya rusak, bisa karena filenya ada yang terserang virus atau terhapus karena tidak sengaja. Untuk sebab ini maka anda harus menginstal windows lagi.

Sementara ini hal2 diataslah yang saya tahu dapat menyebabkan terjadinya black screen diwindows xp. Semoga berguna… kalau anda menemukan hal lain yang menyebabkan black screen ada tulis aja di komentar dibawah… hehehe… goodluck

Created By….
viets jeremy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s