Atasi Flashdisk ERROR Tidak Terbaca,…

 http://2.bp.blogspot.com/_xlv_uylYq7k/TGIyBGzVp_I/AAAAAAAAAFY/dYIEQ16LrN4/s200/fd.jpg
 
Sebagai tambahan pengetahuan,komponen utama flashdisk adalah sebagai berikut:

1. Sambungan USB
2. Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3. Titik-titik percobaan
4. Chip flash memory
5. Oscillaator crystal
6. LED
7. Write-protect switch
8. Ruang kosong untuk chip flash memory ked

Hampir semua orang sudah mengenal flash disk. Dan hampir setiap orang sudah memiliki flash disk. Memang salah satu alat penyimpan data ini sangat membantu seseorang. Dengan bentuk yang semakin kecil dan bervariasi, disertai dengan kapasistas yang mulai besar, flash sudah menjadi kebutuhan. Apalagi harga benda ini semakin “merosot” tajam.
Dengan semakin banyaknya orang memiliki flash disk, maka semakin banyak pula orang yang mengalami persoalan dengan flash disk tersebut mulai dari tidak bisa terbaca lagi, setiap dimasukkan meminta pesan harus diformat ataupun bila dimasukkan pada komputer lain tidak terbaca dan sebaliknya kalau dikomputer kita aman-aman saja dan masih banyak masalah-masalah lain.

Untuk itu FeL mencoba bagi-bagi ilmu untuk mengatasi masalah flash disk ini Teman:

Pertama adalah bisa kita lakukan dengan cara melalui Dos Prompt, bagaimana cara? nah ikuti langkahnya sebagai berikut:

>>Klik tombol windows dan huruf R pada keyboard, maka akan muncul kotak dialog RUN, tulislah perintah COMMAND pada kolom persis disamping tulisan open dan selanjutnya akan masuk ke command promt, biasanya bertuliaskan C:\document\ownwer>

>>Disitu ketiklah CHKDSK setelah owner> contoh CHKDSK /F: (lalu enter) apabila flas disk anda letak drivenya pada F dan apaila pada G atau H… maka tulisnya yang sesuai dengan drivenya.

>>Selanjutnya bila sudah selesai memeriksa dari Check Disk (CHKDSK), coba anda buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Contoh pada perintah membuang file dari Flash Disk di drive F: adalah DEL F:*.*

>>Sekali lagi anda coba format dengan perintah Dos Promt. Format F:

Cara yang kedua adalah melalui computer management:
 
 

Pilih drive F atau drive flash disk anda, lalu klik kanan dan pilih format
Bila masih terdapat pesan error lakukan boot pada computer
Cara yang ini adalah untuk memperbaiki flash disk yang corrupt file dan mengalami file protect ketika mengcopy atau memindahkan data serta tidak dapat melakukan format.
Selesai melakukan format pada Flash Disk, tetapi anda mendapat pesan yang sama ketika melakukan format. Coba anda lakukan boot pada computer untuk me-refresh Windows XP agar mengenal Flash Disk anda. Bila masih mengalami hal sama, coba anda ulangi kembali melakukan chkdsk, bila masih terdapat pesan invalid link. Bila kedua kalinya anda masih mengalami hal tersebut, cara yang kami berikan tidak berlaku untuk flash disk anda.
Kasus Flash Disk Write Protect terkadang hanya terjadi pada satu buah computer sementara beberapa waktu masih dapat digunakan oleh computer berbeda. Tetapi dapat juga langsung terjadi pada semua computer yang ketika anda menghubungkan Flash Disk anda baik pada sistem Windows XP atau OS lain.
Hal lain dapat saja membuat error pada flash disk anda dan belum tentu disebabkan karena corrupt file yang membuat kasus seperti diatas.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengantur pendeteksian USB Disk secara manual di Windows XP;

>> Buka menu Add Hardware dengan cara mengklik [Start]>[Control Panel]>[Add Hardware]. Jika menu tersebut belum terlihat, klik [Switch to Classic View] yang ada di menu sebelah kiri.

>>Setelah menu tersebut dipilih, maka akan muncul wisaya yang menuntun pada proses pendeteksian hardware, Klik [Next]

>>Sistem selanjutnya akan memeriksa keberadaan hardware baru yang sudah tertancap namun belum terdeteksi.

>>Kalau USB flash disk sudah berhasil dikenali, muncul salah satu hal dari hal-hal berikut ini : Muncul menu autorun, Pernyataan bahwa USB flash disk mendukung koneksi USB yang lebih cepat, Muncul ikon “Removable hardware “pada systen tray dan Muncul dirive baru di Windows Explorer atau My Computer.

>>Kalau salah satu hal tersebut terjadi, pendeteksian tidak perlu diteruskan. Klik [Cancel] pada tampilan berikutnya.

>>Nah, biar enggak bolak-balik Control Panel setiap kali ada perangkat USB yang dicolok, buatlah shortcut [Add Hardware] di Quick Launch Toolbar. Langkah-langkah seperti berikut ini;

>>Buka Control Panel dan ubah tampilannya ke mode “klasik” (switch to Classic Mode) seperti langkah 1 di atas.

>>Seret ikon Add Hardware dan jatuhkan ke Quick Launch Toolbar. Kalau toolbar tersebut belum muncul, Anda dapat mengaktifkannya dengan klik kanan pada taskbar, klik [Propertis]>[Taskbar]. 

>>Kemudian, beri tanda centang pada [Show Quick Launch].

Created By….
viets jeremy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s